Minggu, 08 Juni 2014

RPP Geguritan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMP Negeri 1 Bobotsari
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas/Semester                      : IX/dua
Materi Pokok                         : Geguritan
Alokasi Waktu                       : 2 pertemuan (4 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu:
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
3.1  Memahami geguritan
3.1.1        Mendengarkan pembacaan teks geguritan.
3.1.2        Menuliskan, mendiskusikan dan mengartikan kata-kata sulit dalam konteks kalimat.
3.1.3        Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi geguritan dalam ragam ngoko dan krama.
3.1.4        Menuliskan isi/amanat geguritan dalam ragam ngoko dan krama.
3.1.5        Mengungkapkan isi/amanat geguritan dalam ragam krama.

2.
4.1    Menulis dan membaca geguritan.
4.1.1        Membaca pemahaman teks geguritan.
4.1.2        Mendiskusikan struktur geguritan.
4.1.3        Menulis geguritan.
4.1.4        Membaca indah geguritan yang ditulis.



C.  Tujuan Pembelajaran  
     Setelah mengikuti serangkai kegiatan pembelajaran geguritan, peserta didik dapat:
1.1.1.1. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai  anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami dan menyajikan informasi lisan dan tulis.
1.1.1.2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi berbagai hal atau kejadian dengan santun bahasa Jawa yang sesuai.
1.1.1.3. Setelah membaca wacana geguritan siswa dapat memahami geguritan.
1.1.1.4       Setelah membaca wacana geguritan siswa dapat mengartikan kata-kata sulit dalam konteks kalimat.
1.1.1.5       Setelah membaca wacana geguritan siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan bacaan dalam ragam ngoko dan krama.
1.1.1.6       Setelah membaca wacana geguritan siswa dapat menuliskan isi geguritan dalam ragam ngoko.
1.1.1.7       Setelah membaca wacana geguritan siswa dapat mengungkapkan simpulan hasil diskusi tentang isi geguritan secara lisan dalam ragam krama.
1.1.1.8       Setelah mendengarkan geguritan siswa dapat mencatat arti kata-kata sulit yang terdapat dalam geguritan dalam konteks kalimat.
1.1.1.9       Setelah mendengarkan geguritan siswa dapat melengkapi kalimat rumpang tentang isi geguritan dalam ragam krama.
1.1.1.10   Setelah mendengarkan geguritan siswa dapat menuliskan tanggapan  tentang  isi geguritan dalam kaitannya dengan kondisi kehidupan saat ini dalam ragam ngoko.
1.1.1.11   Setelah mendengarkan geguritan siswa dapat menyampaikan tanggapan secara lisan dalam ragam krama.
1.1.1.12   siswa diharapkan mampu membaca geguritan dengan sesuai ketentuan yang benar.
1.1.1.13   Siswa diharapkan dapat menulis geguritan dengan tema tertentu.
1. Pertemuan 1
3.1.1      Mendengarkan pembacaan teks geguritan.
3.1.2      Menuliskan, mendiskusikan dan mengartikan kata-kata sulit dalam konteks kalimat.
3.1.3      Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi geguritan dalam ragam ngoko dan krama.
3.1.4      Menuliskan isi/amanat geguritan dalam ragam ngoko dan krama.
3.1.5      Mengungkapkan isi/amanat geguritan dalam ragam krama.

2. Pertemuan 2
4.1.1      Membaca pemahaman teks geguritan.
4.1.2      Mendiskusikan struktur geguritan.
4.1.3      Menulis geguritan.
4.1.4      Membaca indah geguritan yang ditulis.

D.    Materi Pembelajaran 
1.      Pertemuan 1
1.1.      Pengertian Geguritan
1.2.      Contoh geguritan
1.3.      Apresiasi geguritan

2. Pertemuan 2
1.4.      Antologi geguritan
1.5.      Contoh geguritan
1.6.      Menulis geguritan
1.7.      Membaca geguritan

E.     Metode Pembelajaran
1.    Metode Ilmiah
2.    Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek

F.     Sumber Belajar
1.     Buku siswa:
Buku Marsudi Basa lan Sastra Jawa
2.     Buku referensi
Buku Antologi geguritan
3.     Narasumber
Guru / pendidik

G. Media Pembelajaran
    1. Media Pembelajaran
        a. Pemodelan pembacaan puisi
        b. Teks geguritan
c. power point

   H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran   

PERTEMUAN 1
1.     Pendahuluan (10 menit)
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.   Motivasi
Memotivasi siswa bagaimana caranya agar mereka mampu mengapresiasi geguritan dengan baik dan benar.

c.    Apersepsi
Pernahkah kamu memperhatikan geguritan? Bagaimana cara mengapresiasi geguritan yang benar?

d.   Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang pengertian dan membacakan geguritan yang akan diapresiasi.

e.    Cakupan Pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang pengertian dan apresiasi geguritan.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Mengamati:
Peserta didik mendengarkan wacana geguritan.

b.  Menanya
Melalui tanya jawab dengan peserta didik, guru menggali pengetahuan peserta didik tentang kata-kata sulit yang terdapat dalam teks dan mengaplikasikannya dalam contoh kalimat.
Peserta didik mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang teks dalam ragam ngoko dan krama.

c.   Mengeksplorasikan/mengumpulkan data
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru berdiskusi membahas isi/amanat geguritan.

d.  Mengasosiasikan
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menuliskan isi/amanat geguritan dalam ragam ngoko dan krama.

e.   Mengkomunikasikan
Peserta didik mengungkapkan isi/amanat geguritan dalam ragam krama.

2.     Penutup (10)
a.Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang pengertian apresiasi geguritan.
Peserta didik diberikan arahan tentang apresiasi geguritan.

b.      Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang pengertian dan contoh apresiasi geguritan.

c.       Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.      Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas membaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan apresiasi geguritan.

e.       Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

PERTEMUAN 2
3.     Pendahuluan (10 menit)
a.     Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.     Motivasi
Guru dapat memotivasi siswaagar bisa menulis dan membaca geguritan dengan baik dan benar.

c.      Apersepsi
Setelah bisa mengapresiasi geguritan, siswa diharapkan bisa menulis dan membaca geguritan.

d.     Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang menulis dan membaca geguritan.

e.      Cakupan Pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang menulis dan membaca geguritan.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
a.  Mengamati
Peserta didik melakukan pengamatan dengan cara membaca pemahaman contoh beberapa geguritan.

a.     Menanya
Melalui tanya jawab dengan peserta didik guru menggali pengetahuan peserta didik tentang struktur geguritan.

c. Mengeksplorasikan/mengumpulkan data
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru berdiskusi membahas teknik menulis geguritan.

     d. Mengasosiasikan
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menulis geguritan.

     e. Mengkomunikasikan
Peserta didik membaca indah geguritan ciptaannya di depan kelas secara bergilir.
Guru dan peserta didik yang lain memberikankan tanggapan.

3.  Penutup (10 menit)
a.    Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membacakan hasil karyanya berupa geguritan tersebut.

b.      Evaluasi
Mengevaluasi geguritan karya siswa tersebut.

c.       Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.      Tindak Lanjut
Peserta didik diberi kesempatan untuk mengirimkan hasil karya geguritannya ke majalah-majalah.

e.       Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.




H. Penilaian

Sikap spiritual dan Sikap Sosial
Contoh rubrik untuk melakukan penilaian sikap spiritual dan sosial (Lampiran 1).

Pengetahuan
    Rubrik dan contoh soal tes pengetahuan pada Lampiran 2.


Keterampilan
Tes praktik/tes kinerja menggunakan rubrik penilaian keterampilan (Lampiran 3.


                                                                                                Purbalingga, .............................. 2014  Mengetahui                                                              
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran


________________________                                                _________________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar