Minggu, 08 Juni 2014

RPP Dialog



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMP Negeri 1 Bobotsari
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas/Semester                      : IX/satu
Materi Pokok                         : Dialog
Alokasi Waktu                       : 2 pertemuan (4 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.       Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu:
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
3.4  Memahami dialog.
3.4.1        Mendengarkan wacana teks dialog.
3.4.2        Mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang isi dialog  dalam ragam ngoko dan krama.
3.4.3        Melengkapi kalimat rumpang tentang isi dialog.
3.4.4        Membetulkan diksi / ragam yang tidak sesuai dalam dialog.
3.4.5        Menuliskan isi dialog dalam ragam ngoko dan krama.
3.4.6        Mengungkapkan isi dialog dalam ragam krama.
2.
4.4 Menulis  dan memeragakan naskah sandiwara.
4.4.1        Membaca cepat contoh teks sandiwara
4.4.2        Mengidentifikasi dan mendiskusikan struktur sandiwara.
4.4.3        Menulis naskah sandiwara.
4.4.4        Mementaskan naskah sandiwara.


C.  Tujuan Pembelajaran  
     Setelah mengikuti serangkai kegiatan pembelajaran dialog, peserta didik dapat:
1.1.1.1  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai  anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami dan menyajikan informasi lisan dan tulis.
1.1.1.2  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi berbagai hal atau kejadian dengan santun bahasa Jawa yang sesuai.
1.1.1.3  Setelah membaca dan memperagakan dialog, siswa dapat memahaminya.
1.1.1.4  Setelah membaca dan memperagakan dialog, siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan ragam ngoko dan krama.
1.1.1.5  Setelah membaca dan memperagakan dialog, siswa dapat mendiskusikan struktur sandiwara.
1.1.1.6  Setelah membaca dan memperagakan dialog, siswa dapat menulis naskah sandiwara.
1.1.1.7  Setelah membaca dan memperagakan dialog, siswa dapat mementaskan naskah sandiwara.
1. Pertemuan 1
3.4.1        Mendengarkan wacana teks dialog.
3.4.2        Mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang isi dialog  dalam ragam ngoko dan krama.
3.4.3        Melengkapi kalimat rumpang tentang isi dialog.
3.4.4        Membetulkan diksi / ragam yang tidak sesuai dalam dialog.
3.4.5        Menuliskan isi dialog dalam ragam ngoko dan krama.
3.4.6        Mengungkapkan isi dialog dalam ragam krama.
2. Pertemuan 2
4.4.1        Membaca cepat contoh teks sandiwara
4.4.2        Mengidentifikasi dan mendiskusikan struktur sandiwara.
4.4.3        Menulis naskah sandiwara.
4.4.4        Mementaskan naskah sandiwara.
D.    Materi Pembelajaran 
1.      Pertemuan 1
    (1)   Wacana dialog yang mengandung ragam krama.
    (2)   Pertanyaan dan jawaban tentang isi dialog.
    (3)   Kalimat rumpang tentang isi wacana.
    (4)   Ragam bahasa/diksi  yang tidak sesuai dalam teks dialog.
    (5)   Isi dialog dalam ragam krama.
    (6)   Cara mengungkapkan isi dialog dalam ragam krama.
2. Pertemuan 2
    (1)   Teks suasana dialog yang mengandung ragam karma atau guyon maton atau ‘gara-gara’ dengan peraga 3 – 5 orang melibatkan tokoh tua dan muda.
    (2)   Tokoh dalam dialog.
    (3)   Isi teks dialog.
    (4)   Cara menulis teks dialog.
    (5)     Bermain peran.
E.     Metode Pembelajaran
1.   Metode Ilmiah
2.   Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek
F.     Sumber Belajar
1.     Buku siswa:
Buku Marsudi Basa lan Sastra Jawa kelas XI
2.     Buku referensi
Unggah-ungguh Basa Jawa
3.     Narasumber
Guru / pendidik
G. Media Pembelajaran
     Media Pembelajaran
        a. Pemodelan Sandiwara
        b. Konteks Sandiwara

   H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran   

PERTEMUAN 1
(1) Pendahuluan (10 menit)
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.   Motivasi
Memotivasi siswa bagaimana caranya agar mereka mampu mengapresiasi sandiwara dengan baik dan benar.
c.    Apersepsi
Pernahkah kamu memperhatikan sandiwara? Bagaimana cara mengapresiasi sandiwara yang benar?
d.   Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang struktur sandiwara.
e.    Cakupan Pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang sandiwara.

           (2) Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Mengamati:
Peserta didik mendengarkan wacana dialog / sandiwara.
b.  Menanya
Peserta didik mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang isi wacana dalam ragam ngoko dan krama.
c.   Mengeksplorasikan/mengumpulkan data
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru berdiskusi melengkapi kalimat rumpang tentang isi wacana.
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru berdiskusi menuliskan isi dialog dalam ragam ngoko dan krama.
d.  Mengasosiasikan
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menuliskan isi wacana dalam ragam ngoko dan krama.
e.   Mengkomunikasikan
Peserta didik mengungkapkan isi wacana dalam ragam krama secara tertulis.
Guru dan peserta didik yang lain memberikankan tanggapan.

(3) Penutup (10)
a.Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang struktur sandiwara dan apresiasi sandiwara.
b.      Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang contoh apresiasi sandiwara.
c.       Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.
d.      Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas agar memperhatikan unggah-ungguh ketika berbicara dengan siapapun.
e.       Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

PERTEMUAN 2
(1) Pendahuluan (10 menit)
a.     Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.     Motivasi
Guru dapat memotivasi siswaagar bisa menulis naskah dialog.
c.      Apersepsi
Setelah bisa mengapresiasi sandiwara, siswa diharapkan bisa menulis dan memperagakan naskah dialog / sandiwara.

d.     Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang menulis dan memperagakan naskah dialog.
e.      Cakupan Pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang menulis dan memperagakan naskah dialog .

           (2) Kegiatan Inti (60 menit)
a.  Mengamati
Peserta didik membaca cepat teks dialog yang mengandung ragam karma atau guyon maton atau ‘gara-gara’ dengan peraga 3 – 5 orang melibatkan tokoh tua dan muda.
a.     Menanya
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru bertanya jawab tentang identifikasi tokoh yang ada dalam dialog.
c. Mengeksplorasikan/mengumpulkan data
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru berdiskusi membahas isi dialog.
     d. Mengasosiasikan
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menuliskan teks dialog yang mengandung ragam karma atau guyon maton atau ‘gara-gara’ dengan peraga 3 – 5 orang melibatkan tokoh tua dan muda.
     e. Mengkomunikasikan
Peserta didik secara berkelompok bermain peran memeragakan dialog.
Guru dan peserta didik yang lain memberikankan tanggapan.

(3) Penutup (10 menit)
a.    Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik memperagakan naskah dialognya.
b.      Evaluasi
Mengevaluasi pemeragaan sandiwara siswa.
c.       Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.      Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas agar memperhatikan unggah-ungguh ketika berbicara dengan siapapun.
e.       Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.


H. Penilaian

Sikap spiritual dan Sikap Sosial
Contoh rubrik untuk melakukan penilaian sikap spiritual dan sosial (Lampiran 1).

Pengetahuan
    Rubrik dan contoh soal tes pengetahuan pada Lampiran 2.


Keterampilan
Tes praktik/tes kinerja menggunakan rubrik penilaian keterampilan (Lampiran 3.


                                                                                                Purbalingga, .............................. 2014  Mengetahui                                                              
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran


________________________                                                Setiani Supriyatin
NIP. ...                                                                                      NIP. 2601411081 ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar