RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1 Bobotsari
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : VII/satu
Materi Pokok :
Cerita Pengalaman
Alokasi Waktu :
1 pertemuan (2 JP)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam
berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama
dalam
sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu:
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
4.4.Menyusun/menulis
teks cerita pengalaman yang
mengesankan.
|
4.4.1 Membaca cepat beberapa contoh
cerita pengalaman
4.4.2 Menganalisis unsur cerita
pengalaman
4.4.3
Menyusun kerangka karangan
cerita pengalaman
4.4.4
Mengembangkan kerangka
karangan menjadi karangan
(cerita pengalaman)
4.4.5 Menulis dan menyajikan cerita pengalaman
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran cerita pengalaman, peserta didik dapat:
1.1.1.1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana
memahami dan menyajikan informasi tulis dan lisan.
1.1.1.2
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan santun
dalam menanggapi berbagai hal atau kejadian dengan santun bahasa Jawa yang
sesuai.
1.1.1.3
Setelah membaca contoh
cerita pengalaman mengesankan, siswa dapat menganalisis unsur cerita
pengalaman.
1.1.1.4
Setelah menganalisis unsur
cerita pengalaman, diharapkan siswa mampu menyusun kerangka karangan cerita
pengalaman.
1.1.1.5
Setelah membuat kerangka
karangan, diharapkan siswa mampu mengembangkan karangan tersebut menjadi
karangan cerita pengalaman mengesankan.
1.1.1.6
Setelah menyusun/menulis
cerita pengalaman mengesankan, siswa dapat membacakannya di depan kelas.
1. Pertemuan 1
4.4.1
Membaca cepat beberapa
contoh cerita pengalaman
4.4.2
Menganalisis unsur cerita pengalaman
4.4.3
Menyusun kerangka karangan cerita pengalaman
4.4.4
Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan (cerita pengalaman)
4.4.5
Menulis dan
menyajikan cerita pengalaman
D. Materi Pembelajaran
1. Pertemuan
1
(1)
Contoh beberapa teks cerita pengalaman
(2)
Unsur cerita
pengalaman
(3)
Cara membuat
kerangka karangan cerita pengalaman
(4)
Cara mengembangkan
kerangka karangan menjadi karangan
(5)
Teknik menulis dan
menyajikan cerita pengalaman
E. Metode Pembelajaran
1. Metode
Ilmiah
2. Pendekatan
Pembelajaran Berbasis Proyek
F. Sumber Belajar
1. Buku
siswa:
Buku
Marsudi Basa lan Sastra Jawa kelas VII
2. Buku
referensi
Kumpulan
Cerita
3. Narasumber
Guru / pendidik
G. Media Pembelajaran
a.
Contoh Cerita Pengalaman
b. Pemodelan
Menceritakan Cerita Pengalaman
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN 1
(1) Pendahuluan (10 menit)
a.
Berdoa dan
mengecek kehadiran peserta didik
b.
Motivasi
Memotivasi siswa bagaimana caranya
agar mereka mampu menulis cerita pengalaman.
c.
Apersepsi
“Ya sapa sing
ora nduwe pengalaman? Kabeh mesthi duwe pengalaman ta?”
d.
Tujuan
Pembelajaran
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran tentang cerita pengalaman.
e. Cakupan Pembelajaran
Guru
menjelaskan cakupan pembelajaran tentang cerita pengalaman.
(2) Kegiatan
Inti (60 menit)
a.
Mengamati:
Peserta didik membaca beberapa
contoh teks cerita
pengalaman.
b.
Menanya
Peserta didik dengan atau
tanpa bantuan guru bertanya jawab tentang unsur cerita pengalaman.
c.
Mengeksplorasikan/mengumpulkan
data
Peserta didik dengan atau
tanpa bantuan guru menuliskan kerangka karangan cerita pengalaman
d.
Mengasosiasikan
Peserta didik dengan atau
tanpa bantuan guru berdiskusi
mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan cerita pengalaman.
e.
Mengkomunikasikan
Peserta didik menuliskan cerita pengalaman.
Peserta didik menyajikan karangan tentang pengalaman
yang ditulis dengan membacakannya secara nyaring.
Guru dan peserta didik yang lain memberikankan tanggapan.
(3)
Penutup (10)
a.Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan
difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang unsur cerita pengalaman.
b.
Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat kepada
peserta didik tentang unsur sandiwara dan menanggapi cerita pengalaman teman.
c.
Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta
didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran
menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.
d.
Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas agar memperhatikan unusr-unsur
cerita pengalaman dalam menulis cerita pengalaman tersebut.
e.
Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup
kegiatan pembelajaran.
H.
Penilaian
Sikap
spiritual dan Sikap
Sosial
Contoh rubrik untuk melakukan penilaian sikap spiritual dan sosial
(Lampiran 1).
Pengetahuan
Rubrik dan contoh soal tes pengetahuan pada
Lampiran 2.
Keterampilan
Tes praktik/tes kinerja menggunakan
rubrik penilaian keterampilan (Lampiran 3.
Purbalingga,
..............................2014 Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
________________________ Setiani
Supriyatin
NIP. ... NIP.
2601411081 ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar